Hubble Space Telescope

00:40 Unknown 0 Comments

Hubble Telescope

Hubble merupakan teleskop luar angkasa yang berada di orbit bumi, menjadi jendela kita umat manusia untuk dapat melihat milyaran galaksi yang ada di alam semesta dan sekaligus menjadi pembuka mata akan kebesaran Tuhan. Dari kilauan cahaya galaksi yang jaraknya jutaan tahun cahaya ini memberikan informasi galaksi tersebut jutaan tahun yang lalu pula. dan bukan tidak mungkin juga bahwa galaksi tersebut sudah punah. karena yang kita lihat sinar tersebut sinar dari jutaan tahun yang lalu.

Hubble mulai di rencanakan pada tahun 1977 hingga selesai di buat pada tahun 1985 dan siap untuk diberangkatkan setahun kemudian 1986 untuk mengorbit di angkasa bumi, namun karena bencana pesawat challenger pada 28 Januari 1986 yang gagal take off dan menewaskan 7 orang awaknya, maka Hubble ditunda peuncurannya. hingga 24 April 1990 akhirnya Hubble mulai mengorbit pada bumi setelah jerih payah 6 tahun pembuatannya serta penundaan 4 tahun peluncurannya yang membuat para ilmuwan pencipta dan staff yang terlibat akhirnya merasa lega pekerjaanya terbayarkan dengan meluncurnya Hubble ke angkasa.

setelah mengorbit para teknisi NASA segera mengambil citra pertama nya yang disebut-sebut sebagai era baru dalam dunia astromoni, namun sayang ini bukan tanpa hambatan, karena keteledoran pemimpin proyek Hubble ini diakhir pembuatannya pada 1985 untuk meniadakan verivikasi atau pengetesan teleskop di bumi dengan alasan bahwa pengiritan anggaran, berakibat sangat fatal. citra pertama Hubble Buram! sungguh membuat seluruh pimpinan hingga staff yang terlibat sangat kecewa.

Usut punya usut citra buram yang dihasilkan Hubble di akibatkan oleh pergesean lensa pada teleskop sebanyak 1/50 ketebalan rambut manusia. harap dicatat satu per lima puluh rambut manusia! rambut kita di belah 50!, iya cuman bergeser segitu dan membuat teleskop Hubble buram. damn!. sampai pada Desember 1993 NASA mengirimkan pesawat ulang-alik Endeavor ntuk memodifikasi Hubble, dengan cara menambahkan kaca pada lensa untuk mengkoreksi ketidak tepatan 1/50 tadi. hingga akhirnya saat itu Hubble bekerja dengan baik.

Sejak saat itu Hubble mulai dalam misi nya untuk menemukan berbagai macam planet dan galaksi, hingga saat ini ulang tahun Hubble yang ke 25 tahun, sebagai jendela kita untuk masa depan. sebagai pengingat bahwa "We Are Here" semoga kita sadar bahwa kita sekecil ini, iya ini. harus tetep rendah hati dan selalu bersyukur, see you next time.

by the way sebenernya ini yang moto siapa ya ?

You Might Also Like

0 comments: