Program Nilai Menjaga Kebugaran Tubuh

11:08 Unknown 0 Comments

Aerobics Book
     Selamat pagi di februari yang basah sejuk ini, semoga kita terus memberikan manfaat dan kebaikan kepada sekitar di hari yang hujan ini, so kali ini ane mau share pengetahuan ane soal olahraga, kita tau pada dekade terakhir ini masyarakat termasuk kita semua mulai peduli akan pentingnya olahraga. mulai dari alasan kesehatan sampai gaya hidup, dan khususnya di awal 2014 trend untuk olahraga lari, atau sebutan kerennya Running, dan pelarinya yang di sebut Runners mulai banyak menjamur di masyarakat. suatu trend yang ane anggep sangat-sangat baik. jadi selamat untuk temen temen semua yang sudah mulai ber-olahraga khususnya lari. itu langkah yang sangat sangat baik.

Namun dari sekian banyak manfaat Lari kalau kita tidak melakukannya dengan benar seperti kurangnya porsi latihan, kurangnya pemanasan, atau bahkan overtrainning akan fatal akibatnya, maka dari itu disini ane mau share jadwal dan tata cara latihan dari buku Dr. Kenneth Cooper yang judulnya "Aerobics" beliau adalah ahli jantung & kebugaran atau cardiovascular system.

Tracking Map Endomondo
        Hal pertama yang harus dilakukan ialah: "Jika kamu berusia 35 tahun kebawah, Sehat dan biasa melakukan olahraga, lakukan lah Test Cooper." (Test cooper ialah test berlari sejauh-jauhnya dalam waktu 12 Menit.) guna untuk menentukan kamu dapat mengambil program di Kategori Kesegaran Fisik nomer berapa. jika kamu memang dirasa kurang atau bahkan tidak pernah ber-olahraga maka tidak usah melakukan test cooper dan langsung lah ambil kategori kesegaran fisik yang paling rendah yaitu Kategori I. Dan untuk pngukuran jarak kamu bisa ukur melalui map di Endomondo atau kamu bisa cari track atletik lari 400m.

dan berikut tabel nya:

Test Cooper 12 menit dan kategori

      Jika setelah melakukan test cooper kamu mendapati jarak tempuh di angka kurang dari 1.0 mil (1.6 km) maka kamu harus memulai dari Kategori I. Jika jarak kamu 1.0 - 1.24 mil (1.6 km - 2.0 km) maka kamu dapat memulai dari Kategori II. Jika jarak kamu 1.25 - 1.49 mil (2.0 km - 2.4 km) maka kamu dapat memulai dari Kategori III. Jika jarak kamu 1.5 - 1.74 mil (2.4 km - 2.8 km) maka kamu dapat memulai dari Kategori IV. dan jika jarak yang kamu tempuh 1.75 mil ke atas (2.8 km >) maka kamu dapat memulai dari Kategori V.


dan berikut tabel Kategori Kesegaran Fisik I - IV

Kategori I  Lari & Renang

Kategori I Bersepeda & Jalan

Kategori I Lari di tempat & Bola tangan/Squash/Basket

Kategori II Lari & Renang

Kategori II Berepeda &Jalan

Kategori II Lari di tempat & Bola tangan/Squash/Basket

Kategori III Lari & Renang

Kategori III Bersepeda & Jalan

Kategori III  Lari di tempat & Bola tangan/Squash/Basket
     
     Untuk kamu yang yang memulai dari kategori I, II, & III, Jika sudah melaksanakan salah satu program kategori dengan waktu 10-16 minggu tersebut di atas, maka kamu dapat melanjutkan untuk naik ke Kategori IV/V. Dan atau kamu dapat memilih program kamu sendiri di tabel nilai di bawah sehingga dapat memenuhi program nilai 30 per minggu, ini agar kamu dapat terus menjaga kebugaran tubuh.

Kategori IV & V Semua Olahraga


Tabel Nilai Lari & Renang

Tabel Nilai Bersepeda & Jalan

Tabel Nilai Lari di tempat & Bola Tangan/Squash/Basket
     Jika sudah dalam tahap menjaga kebugaran, maka kamu dapat memulai program latihan yang lebih advance seperti program latihan marathon, triathlon, bahkan ultramarathon, dan untuk menjaga kebugaran program nilai 30 per minggu kamu dapat menulis tabel nilai olahraga kamu di papan tulis seperti di bawah ini.

Catatan Tabel Poin menjaga kebugaran program nilai 30 per minggu

       ngomong-ngomong soal hujan di paragraf awal tadi, jangan karena hujan gini kamu jadi males olahraga ya, saran ane si kamu bisa milih jenis olahraga yang indoor di dalam ruangan, atau emang mau nekat trabas hujan juga ? ya boleh-boleh aja minimal pake jaket yang windbraker atau yang anti air sekalian ya :). #MariLari

You Might Also Like

0 comments: